1. Amerika
Akuntansi di Amerika
Serikat diatur oleh badan sektor khusus Dewan Standar Akuntansi Keuangan
(Financial Accounting Board-FASB), namun yang menjadi penyokong kewenangan
standar akuntansinya adalah agensi kepemerintahan komisi keamanan dan kurs
(Securities and Exchange Commission-SEC).
Hingga tahun 2002,
Institut Sertifikasi Akuntansi Publik Amerika (American Institute of Certified
Public Accounttants-AICPA), sebagai badan khusus lainnya juga mengaudit standar
mereka. Pada tahun tersebut, Publik Company Accounting Oversight Board (PCAOB)
didirikan, dengan dewan yang berwenang untuk mengeluarkan regulasi audit dan
auditor perusahaan publik.
1.1 Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Setiap negara bagian memiliki peraturan dasar perusahaan tersendiri. Banyak
dari peraturan tersebut tidak kaku memaksa, serta laporan yang diberikan kepada
agensi lokal sering kali tidak bisa diketahui umum. Audit tahunan serta
persyaratan laporan keuangan secara realitas hanya ada pada tingkat federal
saja seperti yang dispesifikasikan oleh SEC. SEC memiliki yuridiski terhadap
perusahaan yang terdaftar di pertukaran stok AS serta perusahaan yang berdagang
over the caunter.
SEC memiliki wewenang penuh untuk menjelaskan standar akuntansi dan laporan
kepada perusahaan publik tetapi bergantung pada sekdos swasta dalam menerapkan
standar tersebut. Hal ini bekerja dengan FASB dan bersifat menekan saat FASB
dinilai bergerak terlalu lambat atau menyimpang.
FASB dibentuk pada tahun 1973 dan desember 2006 mengeluarkan laporan standar
akuntansi keuangan 158 (158 statements of financial accounting
standards-SFASs). Tujuannya adalah untuk menyediakan informasi yang berguna
untuk para infestor . Prinsip akuntansi yang umum adalah GAAP.
Pada tahun 1991, FASB mengembangkan strategi rencana pertama untuk aktivitas
internasional. Tahun 1994, menambahkan promosi mengenai perbandingan
internasional. FASB merupakan anggota internasional kooperatif,
berkomitmen,untuk fokus pada GAAP AS dan IFRS. Tahun 2002 FASB dan IASB
membentuk komitmen mereka untuk menyatukan tujuan dengan menandatangini Norwalk
Agreement yang kemudian ditegaskan kembali pada tahun 2005, dengan beberapa
tujuan yang akan dicapai pada tahun 2008.
Diantara semuanya yang paling penting adalah pembentuka PCAOB yaitu suatu
organisasi non profit yang diawasi langsung oleh SEC. PCAOB memiliki tanggung
jawab sbb :
· Menerapkan audit, mengendalikan
kuantitas, etika, kemandirian dan standarisasi lainnya yang berhubungan dengan
persiapan untuk laporan audit perusahaan agar aman diketahui publik.
· Mengawasi subjek audit perusahaan
publik terhadap keamanan hukum
· Memeriksa akuntansi firma publik yang
telah terdaftar.
· Mendukung akuntansi firma publik,
serta memberikan kasus kepada SEC atau badan lain untuk menginvestigasi lebih
lanjut.
1.2 Laporan Keuangan
Tipe laporan keuangan tahunan pada perusahaan besar di AS memiliki beberapa
komponen dibawah ini :
1. Laporan manajemen
2. Laopran auditor independen
3. Laporan keuangan primer
4. Diskusi manajemen dan analisis hasil
operasional dan kondisi keuangan
5. Penjelasan mengenai kebijakan
akuntansi dengan dampak yang paling kritis pada laporan keuangan.
6. Catatan atas laporan keuangan
7. Perbandingan data keuanngan selama
lima atau sepuluh tahun
8. Data triwulan terpilih
1.3 Patokan Akuntansi
Peraturan patokan akuntansi di AS berasumsi bahwa kesatuan bisnis akan terus
berlangsung jika terus diperhatikan. Dasar perhitungan akrual cukup meresap,
serta peraturan transaksi akan pengenalan event sangat bergantung pada konsep
yang cocok. Sebuah konsistensi membutuhkan pemaksaan pada keberagaman perlakuan
akuntansi dari suatu periode ke periode selanjutnya. Jika terdapat perubahan
pada praktik atau proses, maka perubahan dan pengaruhnya harus diungkapkan.
2. Meksiko
Thun 1500an, meksiko merupakan rumah bagi berbagai macam kebudayaan. Hernando
Cortes menaklukan meksiko pada tahun 1521 serta menemukan koloni spanyol yang
telah ada selama 300 tahun. Meksiko mendelegasikan kemerdekaan pada 1810., dan
diakui merdeka oleh spanyol pada 1821.
Meksiko memiliki free market ekonomi yang besar, perekonomian free market mulai
membaik selama 1990-an yang membantu mengurangi inflasi, meningkatkan
pertumbuhan ekonomi, serta membawa dasar ekonomi yang lebih baik.
2.1 Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Di meksiko standar akuntansi dikeluarkan oleh Council for Researchand
Development of Financial Information Standards yaitu CINIF. Mexican Institute
of Public Accounting mengeluarkan standarisasi proses audit melalui Auditing
Standards and Procedures Commision. Pengaturan standarisasi di meksiko
menggunakan pendekatan sistem Inggris- Amerika, atau Anglo-Saxon dari pada
pendekatan Eropa Kontinental.
Persyaratan yang dbutuhkan untuk mempersiapkan laporan keuangan dan audit
berbeda-beda, bergantung pada tipe dan ukuran perusahaan. Semua perusahaan yang
berada dibawah hukum meksisko harus menunjukkan minimal satu auditor berwenang
untuk melaporkan kepada para pemegang saham terkait laporan keuangan tahunan.
2.2 Laporan Keuangan
Tahun fiskal perusahaan di meksiko harus bersamaan dengan kalender tahunan.
Perbandingan laporan keuangan gabungan yang harus dipersiapkan antara lain :
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan perubahan ekuitas pemegang
saham
4. Laporan perubahan posisi keuangan
5. Catatan
Catatan adalah bagian yang melengkapi laporan atas perubah posisi keuangan
yaitu antara lain :
· Kebijakan akuntansi pada perusahaan
· Ketersediaan material
· Komitmen untuk pembelian
sahamsubstansi atau dibawah hak kontrak
· Penjelasan mendetail mengenai utang
jangka panjang dan kurs mata uang asing
· Batasab dividen
· Jaminan
· Rencana pensiun pegawai
· Transaksi dengan perusahaan sejawat
· Pajak
2.3 Patokan Akuntansi
Laporan keuangan gabungan disiapkan saat induk perusahaan mengontrol perusahaan
lainnya. Kontrol diindikasi oleh kemampuan untuk memutuskan operasional dan
kebijakan perusahaan. Meksiko telah mengadaptasi International Accounting
Standartd No. 21 pada penyesuaian pertukaran mata uang asing.
3. Jepang
Pembukuan dan laporan keuangan jepang menggambarkan adanya percampuran dan
pengaruh domestik dan internasional. Pada setengah awal abad ke-20, pemikiran
akuntansi merupakan refleksi adanya pengaruh jerman, sisa abad selanjutnya
adalah pemikiran AS. Pada 2001 terjadi perubahan yang besar dengan pembentukan
organisasi organisasi pengaturan standarisasi akuntansi sektor swasta.
3.1 Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Undang-undang perusahaan diatur oleh Ministry of Justice (MOJ). Proteksi
pemegang saham dan kreditor merupakan prinsip dasar, dengan kepercayaan yang
inggi pada patokan harga perolehan. Pengungkapan pada kelayakan kredit dan
kemungkinan untuk mendapatkan untung karena distribusi deviden menjadi hal yang
diutamakan. Semua perusahaan yang didirikan berdasarkan undang-undangperusahaan
diwajibkan untuk memenuhi ketentuan akuntansi. Japanese institute of Certified
Publik Accountants (JICPA) merupakan organisasi profesional dari CPAs di
jepang. Sebagai tambahan untuk memberikan panduan mengenai pelaksanaan audit,
JICPA mengeluarkan panduan mengenai permaslahan akuntansi, serta menyediakan
input bagi ASBJ dalam mengembangkan standardisasi akuntansi. Standardisasi proses
audit yang berlaku umum dikeluarkan oleh BAC daripada JICPA. Certified Public
Accountant and Auditing Oversight Board dibentuk pada tahun 2003. Agensi
pemerintah, didesain untuk mengawasi dan mengontrol auditor serta meningkatkan
kualitas audit di jepang. Hal ini dicantumkan dalam FSA pada tahun 2004.
3.2 Laporan Keuangan
Perusahaan yang bergabung dibawah undang-undang perusahaan dibutuhkan untuk
mempersiapkan laporan yang berwenang untuk disetujui pada saat rapat para
pemegang saham, yang isinya antara lain :
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan atas perubahan ekuitas
pemegang saham
4. Laporan bisnis
5. Jadwal terkait
Ada beberapa jadwaal pendukung juga dibutuhkan, tetapi terpisah
dari catatan, yaitu :
· Perubahan pada obligasi dan utang
jangka pendek dan panjang
· Perubahan pada aktiva tetap dan
akumulasi penyusutan
· Aset yang dijaminkan
· Jaminan hutang
· Perubahan pencadangan
· Jumlah dari dan untuk pemegang saham
· Kepemilikan ekuitas dalam anak
perusahaan serta jumlah saham anak perusahaan
· Penerimaan dari anak perusahaan
· Transaksi dengan direktur, auditor
berwenang, pemegang saham dan pihak ketiga yang menghasilkan konflik kepentingan
· Pembayaran gaji kepada direktur dan
auditor berwenang
3.3 Patokan Akuntansi
Metode pooling of interest (penyatuan saham) untuk bisnis gabungan digunakan
pada situasi tertentu saja.goodwill dihitung dengan harga dasar pasar aset
bersih yang didapatkan dan yang diamortisasi dari 20 tahun atau kurang serta
subjek terhadap tes penurunan nilai.
Persediaan yang ada harus dihitung apakah cocok dengan biaya atau lebih rendah
atau nilai keuntungan bersih. FIFO, LIFO, serta metode biaya rata-rata semuanya
menerima metode cast flow, dengan rata-rata yang paling populer.
4. Cina
Pada akhir tahun 1970-an, pemimpin cina mulai menggerakan ekonomi dari program
terpusat gaya soviet menuju sistem yang berorientasi kepada pasar namun masih
dala kondisi partai komunis. Pada 1993, kepemimpina cina menyetujui reformasi
jangka panjang lagi yang dimaksudkan supaya memberikan fleksibelitas yang lebih
pada institusi yang berorientasi pasar.
Karakteristik dasar akuntansi cina dimulai sejak pembentukan RRC pada tahun
1949 menerapkan sistem ekonomi terpusat, memperlihatkan prinsip dan pola marxis
meniru sistem kesatuan soviet. Pelaporan keuangan terjadwal dan lengkap, fitur
utamanya adalah orientasi pengaturan dana dimana dana berarti properti, barang
dan material yang digunakan dalam produksi. Pelaporan keuangan ditekankan
adanya neraca, yang memfleksikan sumber daya dan kebijakan pemerintah.
4.1 Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
The state council/dewan pemerinta (sebuah lembaga eksekutif yang berhubungan
dengan kabinet) mengeluarkan aturan pelaporan dan akuntansi keuangan perusahaan
(Financial Accounting and Reporting Rules for Enterprises-FARR). Semua
peraturan fokus pada pembukuan, persiapan laporan keuangan, praktik pelaporan
dan akuntansi keuangan lainnya dan berbagai hal tentang pelaporan.
Pada tahun 1992, departemen keuangan mengeluarkan Accounting Standards for
Business Enterprises (ASBE), sebuah konsep kerangka kerja yang dirancang untuk
menuntut perkembangan standar baru akuntansi yang pada akhirnya menyeragamkan
praktik domestik dan akuntansi cina dengan praktik internasional.
Komite standar akuntansi cina CASC telah didirikan pada tahun 1998 sebagai
lembaga berwenang didalam departemen keuangan yang berwenangdidalam departemen
keuangan yang bertanggung jawab untuk mengembangkan standar akuntansi.
Tahun 2006 sebuah susunan baru ASBE telah dikeluarkan dengan pendekatan big
bang mengenai konvergensi. Komisi pengaturan sekuritas cina CSRC mengatur 2
bursa saham cina : Shanghai, yang dibuka tahun 1990, dan shanzen, yang dibuka
tahun 1991. Sampai tahun 1995 cina memiliki 2 organisasi akuntansi profesional.
CICPA didirikan tahun 1988 mengatur sektor perusahaan swasta. CACPA bertanggungjawab
atas audit perusahaan-perusahaan pemerintah dan dibawah otorisasi agen yang
terpisah, badan administrasi audit negara. Pada tahun 1995 CICPA dab CACPA
bergabung, dengan mengusung nama CICPA, mengembangkan standar pengauditan dan
bertanggungjawab atas kode etik profesional.
4.2 Pelaporan keuangan
Laporan keuangan terdiri atas :
1. Neraca
2. Laporan laba rugi
3. Laporan arus kas
4. Laporan perubahan ekuitas
5. Catatan
4.3 Patokan Akuntansi
Goodwill adalah perbedaan
antara biaya dan harga pasar aset dan kewajiban yang akuisisi. Perbedaan ini
diuji untuk tes penurunan nilai tahunan. Harga perolehan adalah basis untuk
penilaian aset berwujud : revaluasi tidak diperbolehkan. FIFO dan rata-rata adalah
metode pembiayaan yang bisa diterima dan persediaan dicatat sebagai biaya.
Biaya riset dibebankan tetapi biaya pengembangan dikapitalisasi jika kelayakan
teknologi dan biaya pemulihan dibuat. Financial lease dikapitalisasi. Pajak
tangguhan diberikan secara penuh untuk semua perbedaan sementara. Keuntungan
pegawai dibebankan ketika dibayar. Kewajiban bersyarat diberikan saat ada
kemungkinan terjadi dan jumlahnya bisa benar-benar diperkirakan.
5. India
Perekonomian eropa mulai
bersaing dengan india setelah portugis tiba pada tahun 1498. Benteng luar
pertama orang inggris dibentuk diperusahaan india bagian selatan tahun 1619.,
dan satuan perdagangan terusmenerus dibuka dibagian lain selama tahun 1850-an.
Demonstrasi masa terhadap aturan kolonial inggris mulai pada tahun 1920-an
dibawah kepemimpinan Mohandas Gandhi dan Jawaharlal Nehru.
Dari 1947 sampai akhir
1970-an, ekonomi india digolongkan dengan bergaya program sosialis pemerintah
terpusat dan industri pengganti barang impor. Menghadapi krisis ekonomi
pemerintah mulai melaksanakan ekonomi terbuka pada tahun 1991. Perubahan yang
dimulai 1991 telah memutus kendali birokrasi dan mendorong terciptanya pasar
yang lebih kompetitif.
5.1 Regulasi dan Pelaksanaan Akuntansi
Penetapan lembaga pertama
diatur dalam undang-undang tahu 1857, dan hukum pertama berhubungan dengan
pemeliharaan dan pemerisaan catatan akuntansi yang telah dilaksanakan tahun
1866, bersama dengan kualifikasi resmi auditor pertama berlandaskan hukum
inggris.
Akta perusahaan 1956 diatur
dan diperbaharui oleh agen pemerintah, departemen urusan perusahaan. Akta
tersebut menyediakan cara kerja yang luas yang disebut kitab akuntansi dan
persyaratan untuk sbuah audit.
The Institute of Chartered
Accountants of India yang didirikan pada tahun 1949 mengatur izin profesi
akuntansi dan bertanggungjawab untuk mengembangkan standar akuntansi dan proses
audit. Tahun 2006npemerintah mengumumkan bahwa hal itu cenderung untuk
memperkenalkan legislasi perusahaan yang menyertakan AS dengan International
Financial Reporting Standards.
5.2 Laporan Keuangan
Laporan keuangan terdiri
atas neraca dua tahun, laporan laba rugi, laporan arus kas dan kebijakan
akuntansi dan catatan. Perusahaan yangtidak terdaftar hanya perlu menyiapkan
laporan intinya saja, akan tetapi bagi perusahaan yang terdaftar harus menyiapkan
laporan gabungan dan intinya saja. Laporan keuangan harus menyajikan pandangan
yang adil dan benar, namun tidak tidak ada penolakan kebenaran dan keadilan
5.3 Pengukuran Akuntansi
Goodwiil berada diantara
perhitungan yang ada dan hasil jumlah aset dan utang yang diperoleh. Metode
ekuitas digunakan pada akun afiliasi terhadap entitas yang memiliki pengaruh
yang signifikan namun bukan kendali.
Aktiva tetap dinilai baik dalam harga perolehan atau harga wajar. Revaluasi
harus diterapkan pada keseluruhan golongan aset tetap. Depresiasi dialokasikan
secara berkala terhadap penggunaan aset. Aset tidak berwujud diamortisasi lebih
dari 10 tahun.
Sewa pembiayaan dikapitalisasi dalam nilai lancar pasar dan didepresiasi
terhadap masa penggunaan sewa. Sewa operasional dicatat sebagai biaya dengan
metode garis lurus selama masa sewa. Kerugian bersyarat disediakan ketika
mungkin terjadi dan nilai yang diestimasi tersebut bisa tercapai. Pajak
tangguhan dan kewajiban tidak dikurangi dengan nilai sekarang.
Sumber : Choi, Frederick D.S., and Gerhard D. Mueller, 2005.,
Akuntansi Internasional – Buku 1, Edisi 5., Salemba Empat, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar